Bupati Pesisir Barat Hadiri Gala Dinner WSL Jakarta

- Publisher

Selasa, 7 November 2023 - 07:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PESISIR BARAT, REALITAPOST.COM — Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., didampingi Plt. Sekda Pesibar, Drs. Jon Edwar, M.Pd., dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Pesibar, menghadiri acara gala dinner World Surf League (WSL), di Jakarta, Senin malam (6/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) Pandu Patria Sjahrir dan jajaran pengurus PSOI.

Ketua PB PSOI, Pandu Patria Sjahrir mengatakan pihaknya ingin menggandeng pemerintah daerah untuk menghelat ajang selancar, dimana spot-spot selancar di Indonesia terbilang unik dan sangat banyak yang terbentang dari wilayah Sumatera hingga Papua.

Menurut Pandu ajang selancar tidak hanya menjadi peluang bagi para peselancar untuk berkompetisi, lebih dari itu ajang selancar terbukti mampu mendongkrak perekonomian daerah.

“Karenanya mari kita berupaya untuk memaksimalkan potensi besar ini, selain terus memperkenalkan potensi surfing juga dalam upaya mencapai terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui gelaran ajang selancar,” kata Pandu.

Pandu mengatakan, Indonesia sendiri sudah beberapa kali menjadi tuan rumah kompetisi selancar bertaraf Internasional. Pada 2023, Pesibar di Provinsi Lampung menjadi tuan rumah WSL Krui Pro Qualified Series (QS) 5000, sedangkan Kabupaten Nias Selatan merupakan tuan rumah ajang World Surf League (WSL) Nias Pro QS5000.

Berdasarkan agenda WSL, Indonesia masih menjadi tuan rumah kompetisi selancar yakni Manokwari Pro Junior dan Manokwari Pro pada 29 November sampai 3 Desember 2023.

Sementara itu Sekretaris Jenderal PSOI Tipi Jabrik Noventin memaparkan bahwa selancar sangat berpotensi menghasilkan pemasukan ekonomi bagi daerah yang dikunjungi para peselancar.

Tipi menyebut tingkat kedatangan peselancar dapat mencapai 26.000 orang, dengan rata-rata masa tinggal adalah sembilan hari.

“Jadi mereka investasinya rata-rata sebesar 700 dolar (Amerika). Kalau kami kalkulasi dapat memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kedatangan wisatawan asing,” ujar Tipi.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pesibar, Agus Istiqlal menyampaikan bahwa sejak beberapa tahun terakhir, Pemkab Pesibar konsisten untuk terus mempromosikan potensi selancar di kabupaten yang memiliki garis pantai yang membentang hingga 210 KM itu melalui ajang WSL Krui Pro QS 5000. “Hasilnya saat ini Pesibar terus menjadi sorotan positif, turis asing terus berdatangan. Dan melalui kegiatan WSL, sangat membantu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kami, khususnya disektor UMKM dan sektor lainnya yang masih berkaitan,” jelas Bupati Agus Istiqlal.

Namun demikian, Bupati Agus tak menampik jika salah satu kendala besar yang dihadapi dalam upaya memaksimalkan potensi selancar di Pesibar yaitu tidak maksimalnya aktivitas penerbangan di Bandar Serai, yang disebabkan tidak adanya maskapai yang terbang di bandara tersebut membuat para turis asing kesulitan untuk mengakses Pesibar.

“Dalam upaya memaksimalkan potensi tersebut, kami Pemkab Pesibar berharap peran pemerintah pusat agar Bandara Serai bisa beroperasi maksimal dan bisa menjadi transportasi para turis untuk ke Pesibar,” tukasnya.(ADV)

Berita Terkait

Prapelaksanaan Kegiatan Tittik Nol Desa Agung Jaya Kecamatan Air Manjuto
Pemdes Kota Praja Laksanakan Titik Nol Tahun 2024 Dana Desa
Dihadiri Gubernur, Bank Bengkulu Bersama Polda Teken MoU
Catat Akhir Pekan Ini Kemeriahan Puncak BERKAH Bank Indonesia Bersinergi Dengan Pemprov
Ribuan Warga Bengkulu Ramaikan Nobar Piala Asia U-23 di Balai Raya Semarak
Seleksi JPT Pratama di Lingkungan Pemprov Bengkulu Memasuki Babak Akhir
Gubernur Rohidin Tinjau Titik Pembangunan Auning Pantai Panjang
Ini Pesan Gubernur Rohidin Kepada TPHD Bengkulu Terkait CJH

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 20:48 WIB

Senin, 13 Mei 2024 - 16:23 WIB

PT Pegadaian Sasar Kota Bengkulu sebagai Wilayah Implementasi Program Hybrid Pegadaian Peduli Pendidikan

Rabu, 8 Mei 2024 - 14:06 WIB

10 Ribu Baliho Dempo Xler Tersebar Koalisi Bersama Rakyat

Senin, 6 Mei 2024 - 04:25 WIB

Hadiri Halal Bihalal IKJ PP, Meriani Bakal Objektif Mendekati Pilgub Bengkulu

Selasa, 30 April 2024 - 07:21 WIB

Bupati Surya Komitmen Tingkatkan SAKIP Kabupaten Asahan

Senin, 29 April 2024 - 23:57 WIB

Anggota Dewan Dempo Xler Dipecat PAN, Benarkah? Ini Klarifikasinya

Rabu, 24 April 2024 - 12:40 WIB

Meriani Peduli Banjir Lebong Salurkan Bantuan Sembako

Selasa, 23 April 2024 - 14:52 WIB

Suhartono Resmi Mengambil Formulir Pendaftaran Calon Walikota Bengkulu

Berita Terbaru

Terkini

Minggu, 19 Mei 2024 - 20:48 WIB

Politik

Samsu : Golkar Optimistis Rohidin Maju Pilgub 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 11:22 WIB

CEK FAKTA

Hoaks : Konten Soal View Tower di Bengkulu

Sabtu, 18 Mei 2024 - 08:30 WIB

Mukomuko

Pemdes Sido Makmur Salurkan BLT Tahap I Untuk 23 KPM

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:44 WIB

CEK FAKTA

Disinformasi : Gebyar Undian Berhadiah Bank Mandiri 

Rabu, 15 Mei 2024 - 21:49 WIB