Rio Capella Dan Rahimandani Beberakan Gagasannya Dalam Diskusi Publik Unihaz Bengkulu

- Publisher

Jumat, 24 November 2023 - 07:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BENGKULU, REALITAPOST.COM — Sebanyak dua orang calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yakni Rio Capella dan Rahimandani secara gamblang memaparkan ide dan gagasan serta menyakapi isu-isu publik dalam acara Diskusi Publik yang digelar Kampus Unihaz Bengkulu, Kamis siang (23/11).

Dalam sambutannya, Rektor Unihaz Bengkulu Prof. Yulfiperius, mengapresiasi kepada kedua Calon DPD RI yang berkenan hadir memenuhi undangan kegiatan Diskusi Publik yang dihadiri Dosen dan Perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi di Kota Bengkulu.

“Alhamdulillah dari 12 calon yang kita undangan, hanya 2 orang calon yang mau hadir. Ini sebenarnya sangat kita sayangkan karena forum seperti ini adalah momentum bagi para calon untuk menyampaikan gagasan dan ide-ide kepada masyarakat sehingga mereka tahu apa yang menjadi tujuan para calon mencalonkan diri sebagai wakil DPD RI Perwakilan Provinsi Bengkulu,” sesalnya.

Sementara itu, salah satu calon DPD RI Rio Capella, yang pernah menjadi Anggota DPR RI yang diberikan kesempatan pertama memberikan pandangan dan gagasannya, menjelaskan bahwa peran dan tugas pokok DPD RI memperjuangkan kepentingan yang ada di Daerah. Setiap daerah memiliki 4 orang perwakilan anggota DPD RI yang berkantor di Gedung MPR bersama Anggota DPR RI. Sehingga aspirasi daerah bisa diperjuangkan oleh masing-masing anggota DPD RI.

“Namun kuncinya kemampuan anggota DPD RI itu harus mampu bersama-sama DPR RI untuk menyampaikan aspirasinya baik kepada Presiden dan Menteri serta pihak terkait lainnya. Salah satu hak tertentu yang dimiliki DPD RI adalah dinamakan hak tertntu dinamakan hak veto yakni membuat rancangan pemekaran dan penggabungan suatu daerah. Makanya peran DPD RI Perwakilan Daerah sangatlah strategis, namun bisa atau tidak memperjuangkan aspirasi di daerah tergantung pada kompetensi orang yang duduk sebagai anggota DPD RI tersebut,” ujarnya.

Terkait isu publik yang ada di Bengkulu, sambung dia, beberapa diantaranya soal isu kemiskinan di Bengkulu yang disebabkan karena minimnya investasi yang bersifat padat karya dan banyak investasi bidang pertambangan dan perkebunan yang sedikit menampung tenaga kerja. Sedangkan bila dicermati lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya mencapai ribuan dan mereka butuh lapangan pekerjaan dengan jumlah yang tidak sebanding.”Makanya inilah peran DPD RI bersama Kepala Daerah dan DPR RI-nya untuk bersama-sama memperjuangkan itu,” tegasnya.

Sementara itu, Dr. Rahimandani, dalam penyampaiannya menjelaskan bahwa dirinya siap memperjuangkan aspirasi yang ada di Bengkulu asal masyarakat Bengkulu memberikan amanah kepada dirinya dalam Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. Namun demikian masyarakat perlu memahami peran dan fungsi DPD RI tidak sama dengan anggota DPR RI, sebab itu dirinya bersama-sama dengan Rio Capella siap membawa aspirasi masyarakat Bengkulu sesuai dengan kewenangan yang dimiliki DPD RI.

“Kami memiliki komitmen yang jelas bagi masyarakat Bengkulu. Makanya dengan jumlah 1,4 juta pemilih Bengkulu diharapkan bisa membawa Bengkulu lebih maju dari daerah lain. Karena saya merasakan betul betapa pentingnya peran dalam dunia politik. Sebagai contoh bagaimana saya waktu itu bersama-sama mengusulkan nama pahlawan Dr. Hazairin sebagai pahlawan Nasional terakhir tapi sampai hari ini belum mampu karena itu semua bisa dilakukan dengan pendekatan politis bukan akademis semata,” jelasnya.(Damar)

Berita Terkait

Gelar Syukuran, BKMT Ujan Mas Kepahiang Do’akan Edwar Samsi Jadi Bupati
Kemenangan Prabowo-Gibran 70 Persen Sesuai Target Projo Bengkulu
Aksi Borong Jualan Pedagang Ala Suimi Fales Caleg DPR RI No 1
“Alap”, Ahmad Kanedi Edukasi Bongkar APK Sendiri
Momentum HPN, Caleg Gustri Handayani Siap Mengabdi
Profil Sujono, Caleg DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Bengkulu Utara – Bengkulu Tengah
Mohammad Saleh Dipercaya Lagi Pimpin IKJPP Provinsi Bengkulu
Ketua Relawan ProJo Provinsi Bengkulu Dan PAN Siap Menangkan Prabowo-Gibran

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 02:42 WIB

Gelar Syukuran, BKMT Ujan Mas Kepahiang Do’akan Edwar Samsi Jadi Bupati

Sabtu, 10 Februari 2024 - 15:07 WIB

Aksi Borong Jualan Pedagang Ala Suimi Fales Caleg DPR RI No 1

Sabtu, 10 Februari 2024 - 10:32 WIB

“Alap”, Ahmad Kanedi Edukasi Bongkar APK Sendiri

Sabtu, 10 Februari 2024 - 10:02 WIB

Momentum HPN, Caleg Gustri Handayani Siap Mengabdi

Sabtu, 10 Februari 2024 - 09:13 WIB

Profil Sujono, Caleg DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Bengkulu Utara – Bengkulu Tengah

Rabu, 13 Desember 2023 - 17:06 WIB

Mohammad Saleh Dipercaya Lagi Pimpin IKJPP Provinsi Bengkulu

Selasa, 12 Desember 2023 - 17:01 WIB

Ketua Relawan ProJo Provinsi Bengkulu Dan PAN Siap Menangkan Prabowo-Gibran

Minggu, 10 Desember 2023 - 16:31 WIB

Kampanye Flashmob, PKS Rejang Lebong Kampanyekan Capres AMIN Serentak 

Berita Terbaru

Sumatera Utara

Pemprov Sumut Optimis kembali Dongkrak Ekonomi Lokal

Jumat, 23 Feb 2024 - 10:31 WIB