banner 728x250

Bupati Syamsul Launching Buku Semlosoa Pemanuo Iben Nak Kutei Jang

Bupati rejang lebong
Bupati Rejang Lebong Syamsul Launching Buku Sempoa Pemanen Iben Nak Kutei Jang (Foto: RealitaPost.com)
banner 120x600

REJANG LEBONG — Rejang Lebong, Bupati melaunching buku ‘’Semlosoa Pemanuo Iben Nak Kutei Jang’’ (mengikuti perjalanan sirih di masyarakat Rejang), dimana kegiatan launcing buku bertemakan budaya ini dilaksanakan di pangung utama Festival Budaya Bazar UMKM HUT Curup, Senin, (27/5/2024).

Yang mana Buku “Semlosoa Pemanuo Iben Nak Kutei Jang” Ini ditulis oleh Sujirman, S.Pd, M.Pd. Buku yang mengupas perjalanan sirih adat itu diserahkan Sujirman kepada Gubernur yang diwakili Kepala BPBD Prov Bengkulu, Dr. Herwan Antoni, Bupati, Ketua BMA, Kadis Dikbud, Drs. Noprianto, MM, Kepala Kantor Bahasa Prov Bengkulu, Dwi Laily Sukmati, S.Pd, M.Hum.

banner 325x300

‘’Dengan berakhirnya kegiatan acara maka, berakhir sudah rangkaian kegiatan Festival Budaya dan Bazar UMKM HUT Curup ke-144. Sebab, sebelumnya BMA juga telah melaksanakan Kedurei Sudut dan Kedurei Agung diawal rangkaian HUT,’’ tutur Ketua BMA, Ir. Ahmad Faizar.

Hal senada disampaikan Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM. ‘’Prosesi Pancung Tebu ini merupakan agenda penutup rangkaian HUT Kota Curup,’’ ujarnya.

Dikatakan, agenda Festival Budaya HUT Curup ini didominasi kegiatan yang mengangkat nilai-nilai adat, budaya dan kearifan lokal. Seperti lomba petata petitih, lomba tulis baca aksara Ka Ga Nga, lomba pidato dalam bahasa Rejang dan Lembak. Lomba mendongeng bahasa Rejang dan Lembak, lomba Tari Kejei, lomba nyanyi lagu Rejang dan Lembak. Lomba teater yang mengangkat idiom budaya lokal. Termasuk lomba mendesain batik Ka Ga Nga.

‘’Diharapkan, melalui aneka lomba yang berkaitan dengan keluhuran budaya kita ini dapat menjaga kelestarian budaya kita. Sebab, lomba-lomba ini melibatkan berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja hingga lansia. Event ini akan terus kita gelar,” Akhirnya. (Adv)

Editor: Dian Marfani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *