banner 728x250

Hoax : Danau Dendam Tak Sudah Diramaikan Pencinta Speedboat 

banner 120x600

BERITA 

Sebuah unggahan di media sosial facebook dari akun Kabar Bengkulu  menampilkan informasi berisikan sebuah foto dengan narasi  VIRAL DANAU DENDAM TAK SUDAH KOTA BENGKULU DIRAMAIKAN PECINTA SPEEDBOAT. INI MENJADI DESTINASI WISATA BARU DI BENGKULU. Akun ini mengklaim sebagai halaman yang menyajikan informasi terkini di Bengkulu dan menjadi refrensi bagi warga untuk mengulas dan mengupas hal-hal yang berkaitan dengan Bengkulu. 

banner 325x300

Postingan tersebut hingga Kamis (23/05/2024) mendapatkan 6200 like, 512 komentar dan sudah dishare sebanyak 301 kali. 

HASIL PENELUSURAN 

Berdasarkan hasil penelurusan yang dilakukan redaksi Realitapost.com di lapangan ditemukan foto tersebut merupakan gambar editan yang soal-olah menggambarkan kondisi danau Dendam Tak Sudah. 

Realitapost.com juga melakukan konfirmasi ke sejumlah pihak terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu. Plt Kepala DLHK, Safnizar, menjelaskan informasi yang disebarkan akun tersebut tidak benar adanya. Selama ini yang ada adalah aktivitas perahu sampan milik beberapa warga sekitar yang kerap melakukan pemancingan ikan bukan speedboat. 

“Jadi tidak benar informasi tersebut. Yang ada banyak kesana warga untuk memancing ikan dan pengunjung wisata yang melintas datang kesana untuk menikmati pemandangan danau sekitar sambil menikmati jajanan pedagang sekitar kawasan Danau,” ujar Safnizar, Senin (20/5/2024).

Dia juga menambahkan bahwa kawasan Danau Dendam Tak Sudah semula berstatus sebagai Kawasan Cagar Alam atau kawasan konservasi oleh BKSDA namun telah diturunkan statusnya menjadi kawasan wisata alam sehingga pengolaannya nanti akan diserahkan kepada Dinas Pariwisata Provinsi.

Sementara itu, Murlin Hanizar, selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu mengaku saat ini pihaknya tengah mempersiapkan tim studi kelayakan dalam pengeolaan kawasan wisata Danau Dendam Tak Sudah tersebut.

Terkait foto yang beredar dan dinarasikan adanya kegiatan pecinta speedboat dia langsung menimpalinya bahwa informasi tersebut tidak benar. Karena sampai saat ini aktivitas kawasan wisata tersebut mulai banyak dikunjungi karena sudah banyak perubahan khususnya pembangunan jembatan elevated yang kini menjadi Ikon Provinsi Bengkulu.

KESIMPULAN 

Narasi viral Danau Dendam Tak Sudah diramaikan dengan aktivitas wisata pecinta speedboat tidak benar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *