banner 728x250

Kantor Bahasa Bengkulu Bekali Bimtek Pengajaran BIPA

banner 120x600

BENGKULU — Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mengadakan kegiatan

Bimbingan Teknis Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Berbasis Budaya Lokal Bengkulu, pada 3–5 Juni 2024 di Hotel Santika Bengkulu. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum., didampingi oleh Koordinator KKLP BIPA Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Jimmy Hendarta, S.S., dan narasumber dari APPBIPA Jakarta Raya, Erni Catur Westi.

banner 325x300

Adapun narasumber yang hadir pada kegiatan ini adalah Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum., Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, yang memberikan materi Kebijakan Bahasa dan Evaluasi; Firmansyah, S.Pd., budayawan Bengkulu, yang memberikan materi Kebudayaan Lokal Bengkulu sebagai Bahan Ajar BIPA; Erni Catur Westi, Ketua APPBIPA Jakarta Raya, yang memberikan materi Aspek

Budaya dalam Pembelajaran BIPA; Kurnia Syahputri, S.Pd.Gr., Pengajar BIPA, yang menyampaikan materi Pembelajaran BIPA Lintas Budaya; dan Prof. Arono, M.Pd., Praktisi BIPA, yang menyampaikan

materi Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Budaya Lokal Bengkulu.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang pengajar atau calon pengajar dan pegiat BIPA yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga pendidikan kursus yang ada di Provinsi Bengkulu.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan fasilitasi bagi pengajar dan pegiat BIPA di Provinsi Bengkulu dalam hal pengajaran BIPA yang berbasis budaya lokal yang ada di Provinsi Bengkulu.

Budaya merupakan hal yang tidak dapat dielakkan dalam proses pengajaran BIPA. Ketika kita mengajarkan sebuah bahasa, kita akan turut mengajarkan budaya yang ada di dalam bahasa tersebut.

Melalui kegiatan ini, peserta diberi informasi terkait informasi budaya yang harus disampaikan kepada pembelajar BIPA berdasarkan pengalaman dari para narasumber yang telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam hal pengajaran BIPA.

Bimbingan Teknis Pengajaran BIPA Berbasis Budaya Lokal Bengkulu merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan Kantor Bahasa untuk memberikan fasilitasi kepada para pengajar BIPA di Provinsi Bengkulu mengenai teknis pengajaran dan penyusunan bahan ajar yang sarat

dengan kebudayaan lokal Bengkulu. Hal ini perlu dilakukan agar kebudayaan Bengkulu dapat dikenal dengan luas dan sebagai salah satu upaya pelestarian kebudayaan melalui program BIPA. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *