Berita

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 Februari 2024.

banner 325x300

Unggahan klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo menampilkan sebuah bangunan bertuliskan:

“Instalasi Gawat Darurat
RSJ KHUSUS PENDUKUNG PRABOWO”

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

“Buat Pendukung 02Gagal Satu Putaran 😁”

Benarkah klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

HASIL CEK FAKTA

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo, dengan menangkap layar foto tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image. Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya tulisan berjudul “Software Akuntansi Untuk Rumah Sakit” yang dimuat situs acisindonesia.com.

Situs acisindonesia.com memuat foto bangunan yang identik dengan klaim terdapat tulisan “Instalasi Gawat Darurat”. Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul “Caleg Stres di Cirebon Sulit Cari Tempat Berobat” yang dimuat situs tribunnews.com, pada 12 April 2014, foto tersebut diberi keterangan “Ilustrasi rumah sakit penampung caleg stres”.

Situs tribunnews.com mengunggah foto bangunan yang identik dengan klaim terdapat tulisan “Instalasi Gawat Darurat RSJ KHUSUS CALEG GAGAL”.

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo tidak benar. Foto tersebut merupakan hasil editan.

Rujukan