banner 728x250

Sirup Jeruk Kalamansi Bengkulu Mendunia Bersama Jokowi

banner 120x600

Gustianti Owner Gusti Sirup Jeruk Kalamansi Khas Bengkulu sukses diperkenalkan Presiden Jokowi dalam sebuah acara Pangan Award tahun 2026 silam.(Foto:Istimewa/Realitapost.com)


BENGKULU, REALITAPOST.COM —
Sebuah kepuasan tersendiri bila produk lokal bisa mendunia bersama orang nomor satu di Indonesia. Itulah sirup jeruk kalamansi asli khas Kota Bengkulu yang berhasil diperkenalkan seorang wanita bernama Gustianti warga Jalan M Hasan No 10 RT 1 RW 1 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Kini nama Sirup Jeruk Kalamansi “Gusti” telah menjadi brand paten dan terkenal diluar Kota. 

banner 325x300

Kegigihan wanita yang akrab disapa Gusti, dalam mengolah buah jeruk kalamansi yang tadinya cuma dikenal sebagai buah jeruk sangat asam dan kerap menjadi sirup minuman biasa. Tahun 2015 dia mulai menyulap buah jeruk kalamansi menjadi minuman sirup yang enak disajikan dan menarik untuk keluarga serta cocok buat oleh-oleh atau buah tangan.

Baca Juga..

http://www.realitapost.com/2023/05/usaha-rumahan-basreng-aa-sukses-masuk.html

“Awal saya mengembangkan sirup jeruk kalamansi ini muncul setelah melihat banyak bahan baku jeruk kalamansi yang dijual di pasar-pasar sebagai minuman sirup biasa. Nah karena bahan baku melimpah, dan dengan modal sebesar Rp 1,5 juta kala itu, saya pun akhirnya mulai mencoba mengolah jeruk tersebut menjadi minuman dengan resep berbeda dengan kemasan yang elegan dan menarik sehingga produk itu dijual disekitaran rumah saja,” ujarnya, Jumat siang (26/5/2023).

Baca Lagi..

http://www.realitapost.com/2023/05/pinjaman-berjenjang-bri-bikin-usaha.html?m=1

http://www.realitapost.com/2023/05/kisah-perajin-kulit-lantung-di-pkh.html?m=1

http://www.realitapost.com/2023/05/umkm-kota-bengkulu-minim-sentuhan.html?m=1

Singkat cerita, berbekal relasi dan kerap mengikuti berbagai program pelatihan dan pembinaan UMKM dari perbankan seperti BRI dan BI serta produk kalamansi sudah mengantongi perizinan yang lengkap, akhirnya tahun 2016 produk UMKM-nya bernama Gusti mendapat kesempatan mengikuti lomba Pangan Award dari Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan alhamdulillah berhasil menjadi juara 1 yang dihadiri langsung Presiden Jokowi.

“Setelah menjadi juara dan berkesempatan foto bersama pak Jokowi, alhamdulillah produk sirup jeruk kalamansi khas Bengkulu mulai diproduksi dalam jumlah banyak dan mampu menembus pasar ritel di luar Provinsi, seperti Lampung, Jambi, Palembang, dan Pekan Baru,” jelasnya.

Kini, produk sirup jeruk kalamansi Gusti baik rasa original dan rasa langka telah tersedia di 260 Gerai Indomaret di Provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan. Dengan varian mulai dari harga Rp 50 ribu untuk ukuran 1.000 ml dan kemasan kecil harga terjangkau pun sudah tersedia.”Ya saya sangat bersyukur produk sirup jeruk kalamansi sudah foto bersama pak Jokowi sehingga bisa mendunia. Apalagi produk kita sudah masuk tokoh online seperti Tokopedia dan offline di outlet Bandara Fatmawati dan toko kue. Belum lama ini sirup kita sudah pernah dikirim ke Papua, lalu ke Luar Negeri seperti ke Amerika, ,” bebernya.(Dian Marfani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *