banner 728x250
Kilas  

PMD BS Pastikan Pilkades Muara Pulutan Sesuai Aturan

banner 120x600

Suasana rapat klafirfikasi kedua pihak yang digelar PMD Bengkulu Selatan terkait polemik Pilkades Muara Pulutan Kecamatan Seginim.(Foto:Istimewa/Realitapost.com)

BENGKULU, SELATAN — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bengkulu Selatan Herman Sunarya, SH, MH melalui Kabid Pemerintah Desa (Pemdes) Mukhlis, S.Sos membenarkan, jika pihaknya telah melakukan pemanggilan pihak-pihak terkait terhadap laporan tersebut pada, Selasa (2/5).

banner 325x300

Pemanggilan itu tidak lain bertujuan agar pihaknya dapat mendengarkan penjelasan masing-masing pihak terkait laporan M.Yamin. Dari penjelasan di rapat tersebut, disimpulkan kalau Panitia Pilkades Muara Pulutan sudah menjalankan mekanisme sesuai Peraturan Bupati (Perbup) BS dalam penentuan calon.

“Saat Pak M.Yamin (pelapor,red) kami minta bukti ceklis dia menyampaikan berkas pendaftaran ternyata tidak ada. Artinya, memang tidak ada permasalahan di situ. Apalagi, sesuai penjelasan Panitia Pilkades Muara Pulutan, mereka sudah menjalankan tahapan dan mekanisme sesuai Perbup,” beber Mukhlis.

Lebih lanjut Kabid, lantaran tidak ada bukti yang menguatkan M. Yamin pernah menyampaikan berkas pendaftaran ke Panitia Pilkades Muara Pulutan. Maka laporan yang disampaikannya dianggap lemah. Apalagi Panitia Pilkades di desa tersebut telah menjalankan tahapan sesuai mekanisme dan aturan yang tertuang di Perbup.

Dua Balon Kades dinyatakan memenuhi syarat dan telah ditetapkan sebagai Calon Kades.”Laporan yang disampaikan M. Yamin itu sulit untuk dibuktikan. Soalnya bukti dia memang pernah mendaftar ke Panitia Pilkades tidak ada. Jadi kami sudah menyimpulkan laporan itu,” demikian Kabid.

Sebagai pengingat, Panitia Pilkades Muara Pulutan Kecamatan Seginim dilaporkan oleh Bakal Calon Kades. Pasalnya, dalam keputusan pihak panitia, diketahui telah mencoret M.Yamin sebagai peserta Pilkades setempat.

Akibatnya, hal itu berbuntut panjang. M.Yamin membawa persoalan tersebut ke ranah hukum. Bahkan, pada Senin (17/4) lalu M. Yamin resmi melaporkan tujuh orang Panitia Pilkades Muara Pulutan ke Polres BS.(Disinato/Dian Marfani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *