Rokok Menchester Non Cukai Marak Beredar Di Batam

- Publisher

Rabu, 20 April 2022 - 17:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

RealitaPost.Com Batam – Peredaran rokok Menchester yang tidak memiliki pita cukai (ilegal) dimana makin hari semakin marak peredaranya di ingkungan masyarakat kota batam. Senin 20/4/2022. 

Saat ini rokok ilegal di Kota Batam semakin tak terbendung peredarannya, karena para cukong merasa aman aja. Kalau kita telusuri seluruh pelosok kota Batam tiap warung kecil pinggir jalan, maupun toko yang tergolong besar menyediakan rokok ilegal. 

Pengusaha Rokok ilegal bermerek “Manchester” terkesan merasa aman sehingga peredarannya sangat luar biasa, padahal jelas-jelas hal ini sangat merugikan Negara kerena tidak  membayar pajak”. 

Jelas-jelas bahwa dengan beredarnya rokok yang tidak memiliki pita cukai ini sangat merugikan negara artinya Pengusaha rokok tanpa pita cukai ini melanggar undang-undang yang berlaku di Negara Republik Indonesia sebagai mana yang tertuang di dalam pasal 54 undang-undang No 39 tahun 2007 tentang cukai yang berbunyi “menawarkan atau menjual rokok polos tanpa cukai terancam pidana 1 sampai 5 tahun penjara dan/atau pidana denda 2 sampai 10 kali nilai cukai yang harus dibayar”. 

Ancaman berupa pidana penjara paling lama 25 tahun dan denda paling banyak Rp 11 miliar,  pemberian efek jera kepada para pelaku. Hal ini penting dilakukan mengingat rokok yang tidak memiliki pita cukai (ilegal) merugikan Negara serta kangkangi undang-undang yang berlaku di Negara Republik Indonesia. 

Disaat awak media konfirmasi terkait hal ini kepada Kepala Bidang BKLI Bea Cukai Batam M Rizki Baidillah melalui no WhatsApp nya,  Rizki menjelaskan bahwa terkait peredaran rokok ilegal di tahun 2021 saja sudah dilakukan penindakan sebesar lebih dari 75 juta batang, sedangkan untuk tahun 2022 dalam kurun waktu 5 bulan belakangan ini, sudah lebih dari 900 rb batang, memang ditemukan rokok ilegal pada saat melalukan razia. Apabila sudah masuk ke 1 tempat , tempat lain sudah langsung mengamankan rokok ilegal tersebut, Jelas Rizki 

Untuk itu perlu strategi dan kolaborasi dengan aparat lain dan hal itu sudah menghasilkan tangkapan-tangkapan. Untuk rokok-rokok yang diduga berasal dari Jawa, unit pengawasan sudah melakukan kerjasama dengan kantor yg ada disana,  informasi  bahwa produk  mereka dipalsukan, dan saat ini msh dlm proses. Agak sulit memang membasmi rokok tersebut jika permintaan selalu ada, tambah Rizki 

Pola pemasaran konsinyasi yang hanya ditaruh sedikit di warung, gudang nya dirahasiakan, tingkat permintaan yg tinggi sehingga suplay tetap berjalan. Oleh karena itu perlu dukungan semua pihak bahwa dengan membeli rokok dengan pita cukai, kita sedang membantu negara untuk pembangunan dan subsidi-subsidi yang diperlukan, kata Rizki 

Untuk itu, namanya di duga kan harus di buktikan, pembuktian kan perlu alat bukti, kalo untuk yang beredar kita tekan dengan operasi cukai, ini sudah berjalan, jika ada info gudang dari masyarakat yang disinyalir menimbun rokok ilegal, informasikan ke kami, biar ditindak lanjuti. saat ini pengenaan pidana adalah opsi terakhir, dan saat ini lebih ke denda. Tutup Rizki.(Bazolo Oli)

Berita Terkait

Terima Kasih Edwar Samsi Untuk Masyarakat Kepahiang
Gubernur Rohidin Ajak Warga Bumi Rafflesia Dukung Nabila Putri Bintadytama
Usai Salurkan Hak Pilih Bersama Istri, Paul Baja: Semoga yang Terbaik Menang
Sujono Serukan Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya Besok Dengan Baik
Pemkab Pesisir Barat Pantau Pendistribusian Logistik Pemilu Daerah Terisolir Menggunakan Gerobak Sapi
Inilah Profile Lengkap Dempo Xler Caleg DPRD Provinsi No 2
Sekretaris KPU Pesisir Barat “Jangan Main-Main Mengenai Anggaran KPPS “
SISWA SMA LABSCHOOL CIBUBUR BORONG MEDALI EMAS DI LOMBA PENEMU INTERNASIONAL

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 06:12 WIB

Pemprov dan Angkasa Pura II Siap Kalaborasi Bangun Ikonik Bunga Rafflesia

Senin, 19 Februari 2024 - 00:01 WIB

Tahun Ini Buku Bengkulu Hebat Segera Masuk iPusnas

Minggu, 18 Februari 2024 - 22:59 WIB

Sinergi Bersama LSM dan Media Bengkulu Utara, Gubernur Rohidin Pesankan Ini

Sabtu, 17 Februari 2024 - 22:54 WIB

Hasil Ujikom Kepala OPD Siap Diserahkan Pemprov Bengkulu ke KASN Minggu Ini

Sabtu, 17 Februari 2024 - 07:46 WIB

Imbauan Dispora Provinsi Bengkulu Terkait Pemanfaatan Stadion Semarak Bengkulu

Sabtu, 17 Februari 2024 - 06:34 WIB

Dispora Provinsi Bengkulu Imbau Kesiapan PEPARNAS Ke IX Tahun 2024

Jumat, 16 Februari 2024 - 23:18 WIB

Kadispora Provinsi Bengkulu Ingatkan Kesiapan KEJURDA Atletik 2024

Jumat, 16 Februari 2024 - 23:06 WIB

Dispora Provinsi Bengkulu Ajak Pemuda Bengkulu Ikuti Program PPAP

Berita Terbaru

Sumatera Utara

Pemprov Sumut Optimis kembali Dongkrak Ekonomi Lokal

Jumat, 23 Feb 2024 - 10:31 WIB