banner 728x250

PUPR RL Pastikan Program Pamsimas 6 Desa

banner 120x600

Kepala Dinas PUPR Rejang Lebong Rector Vande Armada.(Foto:Istimewa/Realitapost.com)

REJANG LEBONG, REALITAPOST.COM — Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan enam desa di daerah itu pada tahun 2023 menerima program penyediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas).

banner 325x300

Kepala Dinas PUPR Rejang Lebong Rector Vande Armada di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan, program Pamsimas tersebut dilaksanakan pemerintah pusat ke sejumlah desa dan kelurahan di wilayah itu yang dinilai belum tersedianya sarana air bersih dan sanitasi yang layak.

“Ada enam desa di Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2023 ini akan menerima bantuan Pamsimas dari Kementerian PUPR, keenam desa ini dinyatakan memenuhi syarat setelah dilakukan verifikasi,” kata dia.

Dia menjelaskan, program Pamsimas tersebut diluncurkan pemerintah pusat guna mewujudkan Sustainable Development Goals atau SDGs dengan ketersediaan serta pengelolaan air minum yang aman dan terjangkau bagi masyarakat.

Enam desa yang akan menerima program Pamsimas ini, kata dia, yakni Desa Purwodadi dan Desa Sentral Baru di Kecamatan Bermani Ulu. Kemudian Desa Lubuk Mumpo di Kecamatan Kota Padang.

Selanjutnya Desa Tanjung Beringin dan Desa Tasik Malaya di wilayah Kecamatan Curup Utara, serta Desa Muara Telita, Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

Ia mengatakan, program Pamsimas yang diterima Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2023 ini patut mereka syukuri mengingat program serupa pada tahun 2022 lalu hanya diberikan kepada tiga desa.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target 100 persen akses air minum dan sanitasi,” demikian Rector.(BENI/ADV/Dian Marfani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *